Jangan Jadikan Modal Sebagai Kendala Memulai Bisnis, Kenali Jenis Pinjaman Berikut Ini

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Tidak dapat dipungkiri bahwa modal merupakan kunci utama dari berjalannya suatu bisnis. Tanpa modal, mau seberapa matang konsep yang kamu ciptakan, tetap tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang yang baru akan memulai bisnisnya sudah harus bekerja keras dalam mencari solusi untuk mengumpulkan modal usaha. Banyak sekali kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan dalam mengumpulkan modal, mulai dari menjual barang bekas, kerja freelance atau part time, hingga meminjam kepada kenalan, kerabat dekat atau anggota keluarga.

Hanya saja, cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya memang membutuhkan tenaga ekstra, kerja keras, dan tentunya waktu yang cukup panjang sebelum pada akhirnya modal dapat terkumpul. Namun, di era digital seperti saat ini, seakan-akan seluruh aktivitas kita sudah bisa dipermudah. Sebut saja seperti berkomunikasi, berbelanja, penunjuk jalan, mencari tahu informasi lokasi, hingga menjadi media pemecah masalah finansial.

Nah, bagi kamu yang bingung mencari modal usaha tanpa menunggu lama dan tenaga ekstra, coba yuk disimak dulu beberapa jenis pinjaman modal usaha berikut ini. Siapa tahu bisa dijadikan salah satu solusi terbaik mu.

Jenis Pinjaman Modal Usaha

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program dari pemerintah yang memang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah dalam mendapatkan modal usaha yang mereka butuhkan. Bekerja sama dengan beberapa bank seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan masih banyak lagi, program KUR ini justru hanya diperuntukan bagi para pelaku usaha dengan bisnisnya yang telah berjalan, namun belum memiliki akses perbankan, sehingga para pelaku usaha juga dapat menerima bantuan dalam permodalan.

Selain hanya diperuntukan bagi pelaku usaha yang sudah memiliki bisnis yang sedang berjalan, program KUR ini juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, sehingga tidak semua pelaku usaha termasuk kedalam kategori usaha mikro, kecil ataupun menengah dan bisa mendapatkan bantuan. Seperti sesuai dengan Undang-Undang No. 20/2008 yang menyebutkan bahwa pelaku usaha yang bisa dikatakan sebagai usaha mikro ialah yang memiliki kekayaan bersih mencapai nominal dengan jumlah maksimal Rp. 50 juta. Sedangkan yang dapat dikatakan sebagai pelaku usaha kecil ialah yang memiliki kekayaan mulai dari Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta, dan pelaku usaha menengah yang memiliki jumlah kekayaan bersih mulai dari Rp. 500 juta hingga Rp. 1 miliyar.

2. Peer to Peer Lending

Peer to Peer Lending (P2P Lending) merupakan salah satu jenis usaha yang cukup marak di kalangan masyarakat luas masa kini. Caranya yang mudah dengan prosedur yang cepat tanpa membutuhkan persyaratan yang muluk membuat cara ini cukup digemari. Pada dasarnya P2P Lending ini merupakan sebuah situs yang dapat diakses oleh semua orang dan memberikan pelayanan bagi para calon peminjam untuk bertemu dengan investor yang akan memberikan mu pinjaman.

Pada nantinya, investor akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang diberikan oleh si peminjam. Jumlah bunga nya pun beraneka ragam dengan jumlah pinjaman yang bahkan bisa mencapai hingga Rp. 200 juta. Tentunya sangat menggiurkan sekali bukan? Hanya saja, bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan cara pinjaman ini diharapkan untuk berhati-hati dan gunakanlah P2P lending yang sudah terbukti kredibilitasnya serta telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), guna menghindari hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini sudah mulai banyak P2P lending terpercaya yang sudah terbukti di OJK.

Memang modal usaha merupakan hal yang sangat penting. Tanpa modal, suatu usaha tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Nah, selain kedua jenis yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada jenis-jenis pinjaman modal usaha lainnya yang bisa dijadikan solusi. Penasaran? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/kredit/news/140687-4-jenis-pinjaman-yang-bisa-kamu-manfaatin-untuk-modal-usaha.html untuk informasi lebih lanjutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *